Dampak Mengkonsumsi Obat Tidur Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi obat tidur memang menjadi pilihan yang banyak diambil orang untuk menghindari insomnia atau susah tidur. Obat tidur pun juga sudah banyak diperjual belikan secara bebas di toko obat atau apotek. Namun meski demikian, ada baiknya konsumen mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter untuk mendapat rekomendasi karena bagaimanapun zat – zat yang terkandung dalam obat tidur tidak bisa diterima oleh tubuh dengan dosisi yang terlalu tinggi.
Lalu bagaimana dengan manfaat obat tidur? Memang, pada umumnya obat tidur sangat ampuh untuk mengatasi insomnia. Kebanyakan penderita insomnia akan lebih cepat tidur nyenyak setelah mengkonsumsi obat tidur. Namun, sama seperti obat – obat pada umumnya, obat tidur juga memiliki efek samping.



Berikut dampak mengkonsumsi obat tidur bagi kesehatan.
Dampak mengkonsumsi obat tidur bagi kesehatan

( Baca Juga : Inilah Obat Tidur Alami yang Ampuh Aman Tanpa Efek Samping )

Meskipun sudah mengikuti saran dokter, namun tetap saja obat tidur memiliki resiko terhadap kesehatan. Apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Beberapa dampak yang bisa ditimbulkan oleh obat tidur terhadap kesehatan antara lain :

1. Ketergantungan
Dampak pertama yang bisa timbul adalah rasa ketergantungan. Hal ini sangat membahayakan karena penderita akan lebih kesulitan tidur ketika tidak mengkonsumsi obat tidur. Penderita akan merasa tidak bisa tidur tanpa mengkonsumsi obat tidur. Bahkan pada kasus yang lebih parah, penderita akan merasa cemas saat menjelang tidur dan menganggap tidur adalah sesuatu yang sangat sulit.

2. Nafsu makan menurun
Selain mengakibatkan ketergantungan, mengkonsumsi obat tidur juga dapat menurunkan nafsu makan. Hal ini cukup membahayakan karena suplai energi dan gizi ke tubuh menjadi berkurang. Karena itu lah mengkonsumsi obat tidur dalam jangka panjang sangat tidak dianjurkan.

3. Sering mengantuk di siang hari
Tidur karena obat tidur dengan tidur secara alami tentu berbeda. Jika kita tidur secara alami, maka kondisi tubuh saat aktivitas menjadi fresh dan segar. Berbeda jika tidur karena mengkonsumsi obat tidur. Umumnya, orang yang mengkonsumsi obat tidur akan sering merasa lemas dan ngantuk di siang hari.

4. Detak jantung tidak teratur
Hal ini umumnya terjadi jika seseorang mengkonsumsi obat tidur secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama. Detak jantung yang tidak teratur dapat membuat peredaran darah menjadi tidak teratur. Selanjutnya, hal ini dapat mengundang serangan penyakit – penyakit mengerikan lain seperti serangan jantung, ataupun gangguan tekanan darah.

5. Sakit kepala
Orang yang mengkonsumsi obat tidur biasanya mengaku mengalami sakit kepala ketika bangun. Meskipun tidak berlangsung lama, namun hal ini cukup mengganggu karena pagi hari adalah saatnya manusia bersiap melakukan aktivitas.

6. Lemas
Seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi obat tidur kebanyakan akan mengalami lemas sepanjang hari. Hal ini dikarenakan kualitas tidur mereka tidak terbentuk secara alami melainkan manipulasi oleh zat – zat dalam obat tidur.

7. Insomnia semakin parah
Nah, masih berhubungan dengan ketergantungan, semakin sering seseorang mengkonsumsi obat tidur, sebenarnya hal itu semakin memperparah insomnia. Hal ini dikarenakan penghentian konsumsi secara mendadak membuat penderita akan semakin sulit tidur dan menyebabkan insomnia semakin parah.

8. Diare
Pada kasus yang parah, obat tidur dapat mengganggu kondisi pencernaan yang selanjutnya menyebabkan penyakit pencernaan seperti diare dan sebagainya.

Itu dia beberapa dampak obat tidur bagi kesehatan. Untuk menghindari hal – hal di atas, kita diharapkan untuk menggunakan obat tidur secara bijak sesuai arahan dokter ....